Literasci

Berbagi tips kesehatan yang bisa dilakukan sehari hari.

LightBlog

Rata-rata, anak sekarang belajar dan bisa menulis pada usia dua tahun, maka tidak ada alasan untuk tidak bisa menulis. Aku juga sama, sej...

Perjalanan Menulisku

Rata-rata, anak sekarang belajar dan bisa menulis pada usia dua tahun, maka tidak ada alasan untuk tidak bisa menulis.

Aku juga sama, sejak masih kecil sudah mulai belajar mencorat coret kertas, lebih tepatnya kertas kalender. Orang tuaku bahkan masih menyimpan kalender sejak tahun 1995 hingga tahun 2010. Maka ketika banyak orang memulai perjalanan menulis dengan menulis diary, blog, atau kegiatan menulis lain ketika sudah dewasa, aku memulai perjalanan menulisku sejak masih balita hahaha.

Tulisan tanganku tidak rapi, sejak kecil hingga setua ini, tulisan tanganku masih sangat berantakan. Apalagi sekarang, ketika jari jemari lebih banyak menyentuh keyboard dibandingkan pulpen dan pensil , semakin parah saja tulisanku. Oleh karena itu, aku lebih memilih untuk mendengar daripada berbicara dan banyak membaca daripada menulis.

Semenjak aku mengenal dunia blog, aku mulai untuk menulis, tetapi tidak lagi pada kertas. Karena jenis tulisan di komputer bisa memilih, jadi tidak peduli seberapa jelek tulisanku, komputer sudah pandai memperindahnya hahaha.

Aku mengenal dunia blog sejak SMA, kurasa banyak orang seumuranku juga begitu. Membuat blog karena tugas sekolah untuk mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Namun sayangnya waktu itu aku tidak tertarik untuk banyak menulis, aku lebih tertarik dengan otak-atik desain blognya.

Berbekal sedikit pengetahuan mengenai kode kode di blog, kelas 3 SMA aku membuat blog tentang Jeep Wisata Merapi, sebuah jasa transportasi di Lava Tour Yogyakarta. Tulisan di blogku tidak banyak, bahkan sampai sekarang isinya hanya 12 post saja. Namun, yang membuatku senang adalah dari 12 post ini, dulu sering berada di halaman pertama Google.

Pertama senang karena dengan berbekal sedikit pengetahuanku, aku bisa membuatnya bertengger di baris paling atas dengan berbagai kata kunci, termasuk untuk kata kunci pendek seperti ‘wisata merapi’ misalnya.

Kedua, aku senang, karena isi dari post ini adalah promosi, jadi setiap kali ada pengguna jasa jeep wisata yang berasal dari blogku, aku mendapatkan uang. Ya, aku semacam menjadi freelance marketing waktu itu.

Ketiga, aku bilang pernah, karena sejak bulan Februari 2014, aku meninggalkan pekerjaan itu. Blog masih ada sampai sekarang, tetapi pengunjung sudah menurun drastis. Dulu satu hari pernah mencapai 1500 pengunjung, tetapi sekarang hanya beberapa orang saja.

Selama awal tahun 2014 hingga akhir tahun 2016 aku sama sekali tidak berurusan dengan tulis menulis di blog. Baru pada awal tahun 2017 aku membuat blog baru tentang dunia peternakan. Tidak setiap hari aku menulis di blog itu, hanya ketika aku sedang ingat saja hehe. Bahkan sampai dengan November tahun 2017 blogku hanya berisi 28 post saja. Berarti rata rata setiap bulan hanya menulis 2 hingga 3 post.

Pengunjung blog ini tidak terlalu banyak, maklum, dari hampir 300 juta penduduk Indonesia, tidak banyak yang rajin browsing tentang cara cara beternak, mungkin kamu juga termasuk yang tidak pernah mencarinya hehe.

Namun Alahamdulillah bulan Desember 2017 lalu blog peternakan ini diterima oleh Google Adsense sebagai Publisher, sehingga aku mulai semangat untuk menulis lagi.

Selain blog itu, aku juga memiliki blog lain tentang tutorial sosial media, blog tentang wisata, dan blog tentang teknologi. Selain menulis di blogku sendiri, aku juga menjadi kontributor di beberapa blog yang bertema teknologi, wisata, media sosial bahkan blog kecantikan pun aku pernah menulis, opor hehe.

Ternyata sudah 500 kata lebih, cukup sampai sini dulu perjalanan menulisku takutnya nggak ada yang baca hehe.

#odopbatch5
#tantanganpertama
#onedayonepost
#kelasnonfiksi

0 komentar: